Selasa, 07 November 2023

Kesehatan Gigi dengan Isu Pembangunan Kesehatan

Penyakit Gigi berpengaruh dengan Penyakit Kardiovaskular

Perawatan gigi dan gusi bukan semata-mata untuk mencegah gigi berlubang saja, tetapi juga bermanfaat menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. 



Berawal dari infeksi gusi

Orang dengan kesehatan gigi dan mulut yang buruk memiliki 2-3 kali risiko terkena pemyakit kardiovaskular atau serangan jantung. Hal ini dikarenakan infeksi gusi (periodontitis) yang disebabkan bakteri akibat penumpukan plak, mampu membentuk kantong berisi nanah di area sekitar akar gigi.

Jika tidak segera diatasi, infeksi gusi ini bisa membuat jaringan dan tulang pada gusi mengalami gangguan, kerusakan pada gigi, bahkan masuk ke dalam aliran darah serta menyerang organ tubuh lainnya seperti jantung. Hal ini bisa terjadi karena pembuluh darah yang terkandung dalam gusi mampu mengalirkan bakteri ke anggota tubuh lainnya, sehingga bisa meningkatkan dan memengaruhi penyempitan pembuluh darah.


Periodontitis merupakan salah satu faktor penyebab penyakit sistemik. Pada periodontitis sering didapatkan peningkatan tanda-tanda inflamasi yang juga merupakan salah satu indikator dari faktor risiko penyakit jantung koroner (PJK).Dalam beberapa penelitian secara garis besar terdapat hubungan antara penyakit periodontal dengan PJK. Kesehatan rongga mulut yang buruk menjadi salah satu faktor resiko penyakit kardiovaskular


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesehatan Gigi dengan Isu Pembangunan Kesehatan

Penyakit Gigi berpengaruh dengan Penyakit Kardiovaskular Perawatan gigi dan gusi bukan semata-mata untuk mencegah gigi berlubang saja, tetap...